DILEMA (KUDA HITAM VS KAMBING HITAM) Part 1

  • 30 April 2018
  • 04:01 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Senin, 30 April 2018. Akhir-akhirini, masyarakatdihebohkanolehpemberitaan di berbagai media, mengenaikejahatanpengambilanuangnasabah di gerai ATM.Hal yang membuathatimenjadimiris,  kejahatantersebutdilakukanolehanak-anak.Dalambeberapatayanganacara yang disiarkanoleh media radio dantelevisi, merekamengundangdanmewawancaraiberbagaikalanganyang memilikiketerkaitansecaralangsungmaupuntidaklangsungdengankasustersebut. Merekadimintauntukmemberikanpendapatdanpandanganmerekaterhadapkasusyang terjadi di Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan. Kalangan yang diundangsepertiKepolisian, DinasSosial,NGOs pemerhatianak, kalanganperbankan, kalanganpendidik, tokohmasyarakat, tokoh agama, kalanganorang tua. Kasus lain yang menyitaperhatianpublikadalahkasusaborsi yang dilakukanolehkalanganremaja, halinitimbulakibatpergaulanbebas, sehinggaharusditanganiolehpihak yang berwajib. Kasusinipunmendapattanggapansecaraberagamdariberbagaipihak. Keduakasusdiatasmenimbulkankeprihatinan, karenaterjadipadagenerasimudaharapanbangsa. Kondisi yang sangatironis yang terjadidikalangankawulamuda. Usiamudaseyogyanyadiisidenganprestasi, kegiatanyang bersifatpositif, namunfaktayang terjadimalahsebaliknya.

Hal lain yang menyitaperhatianpublikyaituPILKADA/PILWALKOT (pemilihankepaladaerah/walikota) di beberapadaerah yang dilaksanakansecaraserentak di tahun 2018. DalamsetiaptahapanPILKADA/PILWALKOTmelibatkanpartisipan yang jumlahnyatidaksedikit. Sehingga, tidaklahmengherankan, jikadiskusi /perdebatan/ hasil survey dll, mengenaipeluangsetiapcalonmenjadi issue yang menarikuntukdiangkatdandiperbincangkan. Kasuskejahatan yang melibatkananak, kasusaborsi yang melibatkanremaja, kasuskotakkosongdalam PILKADA/PILWALKOT t menarikuntukdiulas, namundalamtulisanini, penulistidakakanmembahasapa. mengapadanbagaimanakasus-kasustersebut, tetapiistilahyang kerapdigunakanolehberbagaikalangan,jikamenilaisuatupermasalahan yang menimbulkankegoncangandalammasyarakat. Istilah yang digunakansangateratkaitannyadenganduniaPeternakan” yakniistilah“kudahitam” dan “kambinghitam”.

Ada apadengankudahitamdankambinghitam

                Istilahkudahitamdankambinghitammenarikuntukdiangkat, karena: a) keduaistilahinisama-samamenggunakannamahewan yang sudahlazimdipeliharadandimanfaatkanolehmasyarakatyaitukudadankambing; b) kudadankambingmemilikipersamaandanperbedaan. Persamaannyadalamhalpakan, yaitusama-samahewanherbivorayaitumengkonsumsihijauan, sedangkanberbedaberdasarkansistempencernaan yang dimiliki. Dimanakambingtermasukternakruminansia, kudatermasukternak non ruminansia;  c) makna yang adadibalikkata” kudahitam” dan “kambinghitam” memilikimakna yang berbeda. Kudahitamseringdimaknaikearah yang bersifatpositif (baik), sedangkankambinghitambersifatnegatif (tidakbaik) Sebelummembahaslebihlanjutmengenaipenggunaankeduaistilahtersebut, perludipahamiterlebihdahuluartidarikudahitammaupunkambinghitam

Artikudahitamdankambinghitam

Kudahitamberasaldari kata kudadanhitam. Kudahitamtidaklahberartikuda yang berwarnahitam.Kudahitamdapatdiartikantidakdiperhitungkan. Menurut KBBI, Kudahitam[Olr] pesertapertandingan (perlombaan) yang semulatidakdiperhitungkanakanmenang, tetapiakhirnyamenjadipemenang. Olehnyaitu, kudahitamseringdigunakanpadapertandinganatauperlombaanolahraga. Namun, kudahitamjugadigunakandalamkegiatan lain yang bersifatkontestasisepertidalam PILKADA/PILWALKOT (pemilihankepaladaerah/walikota), PILPRES (pemilihanpresiden) PILCALEG (pemilihancalonlegislatif), pemilihanketuapartai, dsb.

Kambinghitamjugaberasaldari kata kambingdanhitam.Selaindimaknaikambing yang berwarnahitam, dapat pula diartikan lain. Menurut KBBI, kambinghitam/kam·binghi·tam/ n ki orang yang dalamsuatuperistiwasebenarnyatidakbersalah, tetapidipersalahkanataudijadikantumpuankesalahan;Selanjutnyaistilah lain yang digunakanmengambinghitamkan/me·ngam·bing·hi·tam·kan/ v, menjadikankambinghitam; mempersalahkan; menuduhbersalah: sikapnyaselalu ~ orang lain, sedangkansebenarnyadiasendiri yang berbuat. Hal yang patutdiingat, penggunaanSubjekdalamkambinghitamitutidakhanyamerujukpadamanusia, namunbisajugapadabendaataupun yang lainnya, sehinggaistilahinisering puladigunakandalamsebuahperistiwaataukejadian yang kebenarannyabelumterungkapseluruhnya

 

bersambung


Editor : Hj. Jumriah

Penulis : Aminah Hajah Thaha