HMJ Ilmu Peternakan Gelar Webinar Nasional

  • 24 September 2020
  • 12:00 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa- Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Seminar Online dengan tema "Pengembangan Bahan Pakan Lokal dalam Mewujudkan Kemandirian Pakan". Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 September 2020 pukul 09.00 WITA dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan live pada youtube. Acara ini terbuka untuk umum, tidak memungut biaya dan memperoleh e-sertifikat.

Dalam Webinar kali ini mengundang pembicara dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Bapak Ir. H. Abdul Aziz, MM. selaku kepala dinas yang banyak membahas tentang strategi dan kebijakan dalam peningkatan produksi pakan ternak. Sedangkan untuk menciptakan kemandirian pakan lokal dengan memanfaatkan limbah dari pertanian maupun perkebunan sebagai sumber pakan lokal banyak dibahas oleh pembicara handal dari dosen Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar yaitu Ibu Amriana Hifidzah, S.Pt., M.Anim. Sc., Ph.D. yang memaparkan hasil riset yang dilakukan ketika studi di The University of Western Australia yaitu Lamtoro (Leucaena leucocephala) dikombinasi limbah tanaman pisang (Musa paradisiaca) dan daun jambu (Psidium guajava) mampu mengurangi emisi gas methan pada ruminansia (uji in vitro).

Seminar online ini dihadiri sekitar dua ratus lima puluhan peserta yang berasal dari Sulsel maupun luar Sulsel dengan berbagai profesi yaitu mahasiswa, dosen, praktisi, dan lainnya. Diskusi pada kegiatan ini dipandu oleh saudara Syaidul Istighfar selaku pengurus HMJ Ilmu Peternakan.

Selain itu ketua HMJ Ilmu Peternakan, Muhammad Rafli menuturkan bahwa pakan memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ternak. Dalam hal ini mendorong langkah pemerintah bersama ihsan peternakan untuk bersama-sama melakukan penguatan kelembagaan yang dapat mendorong terwujudnya kemandirian pakan dengan memanfaatkan potensi lokal.

Pengembangan bahan pakan lokal melalui pemanfaatan limbah perkebunan dan pertanian yang bisa digunakan sebagai alternatif sumber pakan masih banyak sekali belum diadopsi oleh peternak kita. Sehingga dalam kegiatan ini disampaikan bahwa mari kita bersama-sama untuk mendampingi masyarakat khususnya peternak untuk bisa mengadopsi teknologi dalam pemanfaatan sumber bahan pakan lokal melalui limbah pertanian maupun perkebunan untuk kemandirian pakan. Untuk menyimak kembali kegiatan webinar ini bisa mengunjungi akun youtube ‘Peternakan UINAM’.

 

Penulis: Handayani Indah Susanti, M.Sc.