Seminar Online #1 Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar “ Pengembangan Pakan Unggul dan Feed Aditif Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal

  • 23 Februari 2021
  • 03:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa - Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar kembali menggelar seminar online yang bertemakan “Pengembangan Pakan Unggul dan Feed Aditif Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal” pada hari Selasa, 23 Februari 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Peserta yang ikut bergabung secara online berjumlah 244 orang yang terdiri dari berbagai profesi bidang peternakan mulai dari mahasiswa, dosen, praktisi, serta birokrat.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Prof. Dr. Muhammad Halifah Mustami, M.Pd. memberikan sambutannya sekaligus membuka seminar online #1 Jurusan Ilmu Peternakan dengan menyampaikan tentang peternakan yang unggul. Peternakan unggul itu berkaitan dengan bibit unggul, pakan unggul, bahan alami serta obat-obat yang unggul agar dapat menstimulasi ternak yang ada dapat lebih produktif. Jika dikaitkan dengan masa pandemi sekarang ini terkait dengan ternak maka sangat dibutuhkan akan ketersediaan produk ternak seperti daging, telur, dan susu dalam memenuhi kebutuhan protein. Dengan begitu sangat dibutuhkan ide-ide, tindakan yang dapat menghasilkan bahan-bahan yang bisa menstimulasi ternak menjadi lebih baik.

Ibu Amriana Hifidzah, S.Pt., M.Anim.St., Ph.D yang merupakan Dosen Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar bertugas sebagai moderator yang memandu jalannya acara kegiatan seminar dengan narasumber pertama Ibu Ir. Nafiatul Umami, S.Pt., M.P., PhD., IPM yang merupakan Dosen Fakultas Peternakan UGM. Pakar di bidang nutrisi dan pakan ternak terutama hijauan pakan ternak. Aktif dalam mengembangkan serta mengembangbiakan berbagai jenis rumput unggul serta mengkaji berbagai potensi pakan untuk kemandirian pakan ternak di Indonesia. Narasumber kedua yaitu Bapak Ir. Andi Mushawwir, S.Pt., M.P., IPM merupakan Dosen Universitas Padjajaran yang memaparkan manfaat natural ekstrak antara lain; bisa menginduksi imunitas dan regulasi gen-gen terkait imunitas, bisa menginduksi metabolisme serta menginduksi performans (pertumbuhan, produksi dan kualitas telur).


Penulis:

Handayani Indah Susanti, M.Sc.