RANGKAIAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS PROGRAM STUDI: PEMBAGIAN POSTER

  • 05 Desember 2023
  • 08:27 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Tim Pengabdi Jurusan Ilmu Peternakan yang diketuai oleh Ayu Lestari, S.Pt., M.Si. dan beranggotakan Muh. Arsan Jamili, S.Pt., M.Si. telah sukses melaksanakan pembagian poster penyembelihan kuda yang halal dan thayyib di Kabupaten Jeneponto pada Minggu, 26 November 2023 bersama dengan mahasiswi Jurusan Ilmu Peternakan yakni Siti Rahmasani sebagai anggota pengabdi pembantu lapangan. Kegiatan ini masih merupakan rangkaian dari pengabdian masyarakat berbasis program studi yang didanai oleh LITAPDIMAS Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2023.

Halal sendiri merupakan syarat mutlak yang dapat dipenuhi melalui berbagai cara termasuk proses penyembelihan hewan ternak untuk dikonsumsi. Faktor-faktor yang mempengaruhi cara penyembelihan antara lain agama, adat istiadat, tradisi, dan aturan yang berlaku (Hakim et al., 2020). Demi mewujudkan penyembelihan kuda yang halal dan tahyyib, dalam kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan kegiatan pembagian poster. Media poster dipilih karena dinilai efektif dalam menyampaikan informasi dengan jangkauan yang luas dan tepat pada sasaran, yakni para pelaku usaha peternakan kuda di wilayah Kabupaten Jeneponto. Poster tersebut memuat infografik mengenai tata cara dan syarat penyembelihan kuda yang halal dan thayyib. Menurut Sumartono & Astuti (2018) efektivitas poster sebagai media komunikasi ditunjang oleh warna dan tampilannya yang menarik serta isi pesan di dalamnya yang bermanfaat bagi pembacanya.

Diharapkan media sosialisasi poster tersebut dapat menjadi sumber informasi dan panduan tertulis bagi para pelaku usaha penyembelihan kuda dalam menjalankan usaha penyembelihan kudanya. Karena rumah potong hewan kuda di Jeneponto termasuk dalam kategori “tradisional” yang menurut Juhari et al., (2017) artinya pada pasca pemotongan tidak dilakukan proses pelayuan, daging atau karkas dibawa langsung oleh pedagang dan dijual dalam keadaan belum dilayukan.

Para pelaku usaha penyembelihan yang menerima poster tersebut mengaku senang dan semakin termotivasi untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh dari pendampingan yang telah diikuti sebelumnya dan dari poster yang diberikan oleh tim pengabdi. Selanjutnya penerima poster memasang media poster tersebut di lokasi penyembelihan masing-masing.(AL)

 

Referensi

Hakim, L. I., Nur, N. M., Tahir, S. M., & Ibitoye, E. B. (2020). Effect of halal and non-halal slaughtering methods on bacterial contamination of poultry meat. Sains Malaysiana, 49(8), 1947–1950. https://doi.org/10.17576/jsm-2020-4908-16

Juhari, F., Nuraini, H., Cyrilla, L., Pascasarjana, S., Bogor, I. P., & Peternakan, F. (2017). Analisis Nilai Tambah Produk Rumah Potong Hewan ( Studi Kasus RPH Kategori I dan RPH Kategori II ). Jurnal Ilmu Peternakan Dan Teknologi Hasil Peternakan, 05(2), 49–55.

Sumartono, & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi, 15(1), 8–14.