Workshop Karya Tulis Ilmiah HMJ Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

  • 12 Juni 2021
  • 03:50 WITA
  • Administrator
  • Berita

Workshop Karya Tulis Ilmiah

“Mewujudkan Mahasiswa Peternakan dalam Berkreativitas dan Berinovasi 

dengan Terampil Menulis” Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

 

Gowa-Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Workshop Karya Tulis Ilmiah pada hari Sabtu, tanggal 12 Juni 2021. Kegiatan workshop ini dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom dikarenakan masih masa pandemi Covid-19. Peserta yang mengikuti workshop ini sejumlah 118 mahasiswa. Narasumber pada kegiatan workshop ini adalah Bapak Abbas, S.Pt.,M.Sc. dan Ibu Handayani Indah Susanti, S.P., M.Sc. yang merupakan dosen Jurusan Ilmu Peternakan. Narasumber  sudah banyak menghasilkan karya tulis ilmiah serta menulis buku.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan semata-mata untuk memberikan pelatihan juga motivasi bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan agar memiliki semangat dan termotivasi untuk menulis. Setelah mengikuti kegiatan workshop ini, para peserta mendapatkan bimbingan dari dua narasumber tersebut dengan dibagi 2 kelompok. Bimbingan diberikan untuk dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik dan benar sehingga diharapkan para mahasiswa siap berpartisipasi dalam perlombaan karya tulis ilmiah yang banyak diadakan. Selain itu menjadi bekal untuk menulis tugas kuliah berupa makalah maupun tugas lainnya. Materi yang diberikan narasumber menekankan pada pentingnya menulis secara ilmiah bagi para akademisi terutama mahasiswa. Menulis adalah kegiatan untuk mengaktualisasikan diri, mengumpulkan poin dan koin, serta untuk membangun track and record bagi penulis itu sendiri, dan inilah beberapa motivasi orang untuk menulis.

Menulis karya ilmiah yang baik, yaitu dimulai dari menentukan ide/topik terlebih dahulu, harus banyak membaca sumber literatur, fokus pada kajian yang akan dituliskan, konsentrasi, semangat, menentukan date line, target (call of paper/ jurnal/ buku), memperhatikan gaya penulisan dan tempelate, serta submit atau kirim naskah final. Karya tulis ilmiah yang baik adalah karya tulis yang lahir dari ide dan gagasan sendiri, bukan hasil plagiasi. “plagiat adalah kegiatan kriminal dalam karya tulis ilmiah. Antusisme mahasiswa terlihat ketika beberapa dari mereka mengajukan sejumlah pertanyaan dan raut wajah optimis terpancar dari para peserta workshop. Menulis karya ilmiah bukan perkara yang susah, dan kebiasaan menulis bisa dilatih mulai dari sekarang. Harapan utama dari pelaksanaan workshop karya tulis ilmiah ini adalah mahasiswa mampu menulis karya ilmiah yang baik sehingga dapat menunjang kegiatan akademik mereka.

 

Penulis: Handayani Indah Susanti, M.Sc.