21 Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar Jadi Relawan Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Tahun 1442 H/2021 M

  • 08 Juli 2021
  • 06:29 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

21 Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar Jadi Relawan Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Tahun 1442 H/2021 M

Gowa - 21 Mahasiswa HMJ Ilmu Peternakan sebagai salah satu perwakilan peserta relawan pemeriksa kesehatan hewan kurban tahun 1442 H/2021 M mengikuti penyerahan simbol pelepasan di Baruga Anging Mammiri Rumah Jabatan Walikota Makassar, Rabu (7/7/2021).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan pemerintah Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar dalam rangka pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban pada saat Hari Raya Idul Adha. Tim relawan bertugas untuk memeriksa kesehatan hewan ternak dan memastikan layak atau tidaknya untuk dijadikan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Tim relawan tersebut akan disebar di tujuh kecamatan Kota Makassar dan di beberapa titik-titik penjualan hewan kurban dan beberapa tempat - tempat pemotongan hewan yang ada di masyarakat umum Kota Makassar. Dalam kegiatan pelepasan tim relawan tersebut juga disampaikan bahwa dalam pemeriksaan antemortem H-7 sampai postmortem hari H dan H+3 pemotongan hewan kurban saat Idul Adha wajib menerapkan protokol kesehatan. Sebab masyarakat kota Makassar masih menghadapi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa secara akdemik karena mereka mendapatkan pengalaman secara langsung mengetahui syarat-syarat hewan kurban yang akan disembelih secara syariat Islam dan mendiagnosa kesehatan hewan kurban serta dapat memperluas jaringan informasi.

 

Penulis:

Handayani Indah Susanti

Staf Pengajar Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar