Tim PkM Jur.Ilmu Peternakan bersinergi dengan Penyuluh Agama dalam Penyuluhan Grading dan Pembuatan Abon Telur di Kabupaten Gowa

  • 01 Februari 2022
  • 06:20 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu kewajiban tridharma perguruan tinggi sebagai ajang berbagi ilmu pengetahuan yang aplikatif guna membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang peternakan secara luas. Tim PkM Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar pada hari Sabtu (29/1/2022) telah melaksanakan Kegiatan “Penyuluhan Grading dan Pembuatan Abon Telur” dengan sasaran Majelis Talkim Al Mubarak Biringala Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Salah satu sasaran PkM di masyarakat khususnya pengolahan produk hasil peternakan (susu, daging, dan telur) adalah ibu-ibu rumah tangga yang biasanya tergabung dalam komunitas majelis taklim.

Bertindak sebagai narasumber antara lain Dr. Jumriah Syam, S.Pt., M.Si. dan Irmawaty, S.Pt., MP. yang memiliki bidang keilmuan produksi dan pengolahan hasil ternak. Tim PkM Jurusan Ilmu Peternakan terdiri dari 6 (enam) orang dosen dan 2 (dua) orang mahasiswa yang turut berkolaborasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini turut menggandeng Tim fungsional penyuluh agama Kecamatan Barombong, yang secara intensif melakukan pendampingan dan pembinaan Program Keluarga Sakinah yang menjadi salah satu program unggulan Kementrian Agama RI. 

Pada kesempatan ini pula Sekretaris Jurusan Ilmu Peternakan (Dr. Jumriah Syam, S.Pt., M.Si.) sekaligus sebagai salah satu narasumber menyampaikan harapan kepada seluruh anggota Majelis Talkim Al Mubarak. Beliau berharap agar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat diimplementasikan baik untuk pemanfaatan dalam lingkungan keluarga maupun peningkatan nilai tambah dalam bentuk produk yang nantinya dapat dipasarkan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya secara langsung dan meningkatkan kesejahteraan peternak secara tidak langsung. 


Penulis: Aminah Hajah Thaha