Pembekalan PKL Mahasiswa Ilmu Peternakan UINAM ke Fakultas Peternakan UNPAD

  • 10 Juli 2024
  • 05:56 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa - ptr.fst.uin-alauddin.ac.id, Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan bagian integral dari pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menyediakan pengalaman praktis kepada mahasiswa di dunia nyata sesuai dengan bidang studi mereka. Program ini dirancang untuk memberikan mahasiswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari dalam lingkungan kerja yang sesungguhnya, baik dalam industri, organisasi, maupun institusi terkait. Pembekalan PKL Mahasiswa Ilmu Peternakan yang berlangsung secara hybrid di Ruang Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi  Kampus II UIN Alauddin Makassar, Hari Rabu (10/7/2024).

Kegiatan PKL Mahasiswa Ilmu Peternakan ke Fakultas Peternakan UNPAD merupakan tindak lanjut dari implementasi perjanjian kerja sama antara Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran Dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar Nomor: 251/UN6.J/HK.07.00/2024–PKS dan Nomor: B.293/Un.06/FST/BK.00/1/2024 dalam bidang Pendidikan. Pada kegiatan pembekalan PKL, mahasiswa dibekali dengan pengantar umum pelaksanaan PKL dan Etika PKL. Ada 10 Mahasiswa Ilmu Peternakan yang akan melaksanakan PKL di Fakultas Peternakan UNPAD pada bagian Fisiologi Biokimia, Lab Riset Indoor, Ruminansia, dan Teaching Farm. Kegiatan PKL akan dilaksanakan selama 1 bulan mulai 15 Juli sampai 15 Agustus 2024.

Pelaksanaan PKL mahasiswa di Fakultas Peternakan UNPAD akan dibimbing oleh pembimbing lapangan dari Fakultas Peternakan UNPAD yaitu Bapak Ir. Diky Ramdani, S.Pt., M.Anim.St., Ph.D., IPM. merupakan manajer riset dan kerjasama UNPAD serta kepakarannya pada ruminansia dan Bapak Dr. Ir. Andi Mushawwir, S.Pt.,MP.,IPM. merupakan Dosen Fisiologi dan Biokimia. Pembimbingan mahasiswa PKL tidak hanya dilakukan di tempat PKL tetapi juga dilakukan di tempat intitusi asal. Pembimbing dalam hal ini yaitu Ibu Amriana Hifizah, S.Pt, M.Anim.,St., Ph.D., Bapak Muhammad Arsan Jamili, S.Pt., M.Si., serta Bapak Anas Qurniawan S.Pt, M.Si.

Kegiatan PKL ini diharapkan dapat mengembangkan soft skill mahasiswa, seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan kemampuan beradaptasi. Hal ini penting karena tidak hanya mempersiapkan mereka untuk menghadapi tugas-tugas konkret di lapangan, tetapi juga untuk membangun kemandirian dan keterampilan yang dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam karir mereka di masa depan. Admin (HIS)