Lulusan Terbaik Juli 2020

  • 28 Juli 2020
  • 12:00 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

  Hari Selasa, 28 Juli 2020 merupakan hari yang sangat membanggakan dan menggembirakan bagi Civitas Akademika Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar. Hari itu seoarang mahasiswa Ilmu Peternakan kembali mengukir prestasi akademik tertinggi. Suharni (NIM 60700116003) berhasil menjadi Wisudawan Terbaik Pertama Fakultas Sains dan Teknologi Strata Sarjana (S1) pada acara wisuda virtual Program Diploma, Sarjana, dan Dokter Angkatan ke-86. Meskipun acara wisuda dilaksanakan secara virtual dikarenakan pandemi Covid-19 tapi tidak mengurangai kekhidmatan dan kegembiraan kampus UIN Alauddin Makassar.

    Suharni yang berasal dari Desa Tondong, Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone diterima sebagai mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar melalui jalur SPAN PTKIN dan mencapai gelar Sarjana Peternakan (S.Pt.) dengan (IPK)= 3.98 (skala 4,0) dan masa studi 3,5 tahun. Suharni lulus dengan predikat Cumlaude. Suharni berhasil meraih wisudawan terbaik pertama dari 9 jurusan strata sarjana S1 di Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu Jurusan Peternakan, Kimia, Fisika, Biologi, Sistem Informatika, Teknologi Informatika, Matematika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Arsitektur.

    Pada awal kuliah di Jurusan Ilmu Peternakan, Suharni masih merasa bingung, tetapi karena suka dengan hewan terutama hewan ternak maka menjadikannya semangat dan berusaha lebih giat dalam belajar. Selain itu Suharni juga terkendala dalam biaya perkuliahan dan tidak didukung oleh orang tuanya. Alhamdulillah dengan kemauan dan kerja keras Suharni tetap lanjut dengan mendapatkan Beasiswa Bidik Misi. Beasiswa Bidik Misi menjadikannya harus bersungguh sungguh untuk mempertahankan nilai yg baik dan sampai pada pencapaian prestasi saat ini. 

    Suharni menyelesaikan studi di Jurusan Ilmu Peternakan dengan judul skripsi “Pengaruh Tingkat Konsentrasi Ekstrak Daun Jati (Tectona grandis L) Sebagai Pengawet Alami terhadap Kualitas Telur Ayam Ras”  atas bimbingan Dr. Hj. Jumriah Syam, S.Pt., M.Si. dan Rasyidah Mappanganro, S.Pt., M.Si. Selain itu Suharni juga berterima kasih kepada bapak Dr. Ir. Andi Suarda, M.Si. selaku pembimbing akademik atas saran dan motivasi yang membangun selama menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Peternakan.  Pada saat ditemui di Jurusan Ilmu Peternakan, Suharni menuturkan bahwa berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana (S2) dan bekerja sesuai dengan minat.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Penulis: Handayani Indah Susanti, M.Sc.