Kuliah Online Pembekalan Uji Kompetensi Skema Supervisor Farm Ayam Petelur dan Formulator Pakan

  • 11 September 2020
  • 12:00 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa- Pembekalan kuliah online untuk persiapan Uji Kompetensi Skema Supervisor Farm Ayam Petelur dan Formulator Pakan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2020 dan 14 September 2020. Uji kompetensi diadakan atas kerjasama UIN Alauddin Makassar dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP-PI) yang dinaungi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Pertama kali sertifikasi kompetensi dilaksanakan di Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Momentum ini disambut antusias mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir Jurusan Ilmu Peternakan. Mereka ingin memastikan dan memelihara kompetensi yang telah didapat selama perkuliahan. Pembekalan kuliah disampaikan pemateri dari Jurusan Ilmu Peternakan.

Materi yang diberikan untuk skema Supervisor Farm Ayam Petelur terdiri dari; menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3), mengorganisasikan pekerjaan, melakukan komunikasi efektif, membangun jejaring kerja, melakukan biosekuriti, menjaga lingkungan budidaya, menetapkan manajemen perkandangan, melakukan penilaian ternak untuk produksi, menetapkan skala produksi, mengelola produksi ternak, dan menghitung hasil usaha produk telur konsumsi.

Sedangkan untuk skema Formulator Pakan, materi yang diberikan terdiri dari; menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3), mengorganisasikan pekerjaan, melakukan komunikasi efektif, membangun jejaring kerja, melakukan biosekuriti, memeriksa mutu fisik bahan pakan dan pakan, mengelola potensi bahan pakan lokal, memformulasikan pakan unggas, mencampur bahan pakan unggas, menghitung jumlah kebutuhan pakan, dan menyimpan bahan pakan dan pakan. Kuliah pembekalan uji kompetensi yang diberikan untuk membuka ingatan dan bahan materi pelajaran teori yang pernah didapatkan dalam perkuliahan.

 

 Penulis: Handayani Indah Susanti, M.Sc.