Uji Kompetensi Skema “Formulator Pakan”

  • 25 September 2020
  • 12:00 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Semangat Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan

Mengikuti Uji Kompetensi Skema “Formulator Pakan”

 

Gowa - Uji Kompetensi Skema Formulator Pakan yang diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP-PI) berlangsung di Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi  UIN Alauddin Makassar pada tanggal 25 September 2020. Uji kompetensi ini mengacu pada program sertifikasi kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Peserta yang mengikuti uji ini yaitu beberapa Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan yang sudah mengikuti serangkaian seleksi sebagai peserta uji kompetensi  pada skema Formulator Pakan yang berjumlah 60 Orang.

Manfaat yang diperoleh dalam sertifikasi kompetensi yaitu dapat membantu tenaga kerja meyakinkan kepada organisasi dan kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa, membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri, Membantu dalam merencanakan karirnya, membantu dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri, membantu dalam memenuhi persyaratan regulasi dan membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara.

Rangkaian uji kompertensi formulator pakan terdiri dari ujian tertulis dan ujian praktek. Ujian tertulis dilaksanakan di Gedung C Fakultas Sains dan Teknologi dan ujian praktek dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Peternakan. Materi ujian praktek skema formulator pakan meliputi;

1. Pengenalan jenis-jenis bahan pakan

2. Uji fisik bahan pakan (Organoleptik)

3. Uji fisik pakan

4. Menghitung formulasi pakan

5. Simulasi membuat pakan dari bahan-bahan yang tersedia, dan

6. Penerapan sanitasi pekerja (berurutan mempraktekkan cuci tangan, pemakaian jas lab, masker, sarung tangan, dan semprot alkohol).

 

Kemampuan dan kewenangan yang dimiliki seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan atau yang disebut kompetensi itu sangat dibutuhkan bagi calon-calon sarjana dalam hal ini khususnya Sarjana Peternakan.

 

Penulis: Handayani Indah Susanti, M.Sc.