Pemanfaatan Limbah Ternak Menjadi Media Tanam

  • 14 Desember 2020
  • 06:58 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa - Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pengolahan Limbah Peternakan dan Industri untuk Mereduksi Pencemaran Lingkungan” bersama dengan Majelis Taklim Ummu Salamah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Desember 2020 di Wisata Kebun Gowa.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu meningkatkan ilmu dan keterampilan anggota mitra dalam pemanfaatan limbah kotoran ternak sebagai media tanam dan botol bekas sebagai pot tanam. Selain itu kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dosen Jurusan Ilmu Peternakan melalui penyuluhan dan pelatihan teknologi terapan yang sederhana di masyarakat sebagai salah satu dari kewajiban menjalankan tridharma perguruan tinggi untuk berbagi ilmu pengetahuan yang aplikatif guna membantu masyarakat

Faktor yang mendukung dalam kegiatan pengabdian ini adalah munculnya tren di tengah masyarakat salah satunya merawat tanaman hias di masa pandemi. Menanam menjadi kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat selama pandemi virus corona. Peningkatan tren tersebut dapat diiringi dengan pemberian wawasan serta keterampilan kepada masyarakat tentang pemanfaatan limbah peternakan dalam hal ini kotoran ternak dijadikan pupuk kompos sebagai media tanam yang ramah lingkungan serta pembuatan pot tanam dari sampah botol plastik dalam rangka mengurangi sampah dan pencemaran lingkungan.

Kondisi tersebut menjadi latar belakang Tim Pengabdi Jurusan Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar untuk turun langsung berbagi ilmu dan teknologi pengolahan limbah peternakan dan pemanfaatan botol bekas dengan anggota mitra MT Ummu Salamah. Kegiatan penyuluhan ini menyasar pada pembuatan pupuk kompos dari limbah kotoran ternak sebagai campuran media tanam dan botol bekas sebagai pot tanam.

Penulis: Handayani Indah Susanti, S.P., M.Sc.