Kegiatan Pengabdian di Desa Bontomate’ne Jeneponto

  • 11 Oktober 2020
  • 06:44 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Mereduksi Pencemaran Lingkungan dengan

Teknologi Pengolahan Limbah Ternak


Gowa - Jurusan Ilmu Peternakan bersama HMJ bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto dan Pemerintah Desa Bontomate’ne untuk melaksanakan penyuluhan peternakan dengan tema “Mereduksi Pencemaran Lingkungan dengan Teknologi Pengolahan Limbah Pertanian dan Limbah Ternak”. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan peternak dalam memanfaatkan limbah. Tujuannya selain mereduksi atau mengurangi pencemaran lingkungan, juga dapat meningkatkan nilai ekonomi usaha tani-ternak yang dimiliki masyarakat desa. Sehingga diharapkan secara jangka panjang dapat pula meningkatkan taraf hidup peternak-petani di desa tersebut.


Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 di Desa Bontomate’ne, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto. Jumlah peserta sebanyak 37 orang peserta yang terdiri atas masyarakat desa dan perangkat desa serta kepala dusun setempat. Kegiatan terlaksana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menjaga jarak antar peserta penyuluhan.


Materi pertama yang diberikan oleh Ibu Khaerani Kiramang, S.Pt., M.Si. membahas tentang bagaimana pemanfaatan Jerami sebagai Bahan Pakan Ternak Ruminansia. Materi tersebut mencakup strategi penggunan bahan pakan asal limbah pertanian dalam ransum, perbaikan kualitas melalui pengolahan, metode pembuatan jerami padi fermentasi, dan pemberiannya pada ternak. Sedangkan narasumber kedua adalah Bapak Abbas, S.Pt., M.Sc. membahas mengenai apa itu POC (Pupuk Organik Cair) yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyuburkan tanaman pertaniannya serta berpeluang dijual kembali.

 

Penulis: Handayani Indah Susanti, S.P., M.Sc.