JIP menggelar FGD “Evaluasi Kurikulum Berbasis KKNI dan Kampus Merdeka”

  • 31 Desember 2020
  • 10:04 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

ptr.fst.uin-alauddin.ac.id - Upaya perguruan tinggi untuk segera mengimplementasikan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Evaluasi Kurikulum Berbasis KKNI dan Kampus Merdeka” yang digelar selama 3 hari yaitu pada hari Senin, 28/12/20 sampai dengan Rabu, 30 Desember 2020 secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dengan mengundang beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Di Indonesia saat ini ada 107 pendidikan tinggi peternakan yang terus melahirkan sumber daya manusia (SDM) peternakan. Tantangan pendidikan tinggi peternakan saat ini adalah bagaimana menyiapkan SDM yang mau terjun di bidang peternakan, dengan memiliki bekal keterampilan dan kompetensi yang mencukupi.
Kebijakan Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat relevan diterapkan pada pendidikan tinggi peternakan untuk menjawab tantangan permasalahan tenaga kerja peternakan di Indonesia. Salah satu poin penting dalam pelaksanaan kebijakan tersebut adalah hak belajar tiga semester di luar program studi, yakni satu semester pada prodi berbeda selain peternakan, dan dua semester untuk menjalankan internship atau magang.

 

Penulis:

Handayani Indah Susanti, M.Sc.