PKM Jurusan Ilmu Peternakan

  • 22 Februari 2021
  • 09:30 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa - Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Majelis Taklim Ummu Salamah Kabupaten Gowa. Kegiatan berlangsung secara berturut - turut dari hari Sabtu - Ahad, tanggal 20 - 21 Februari 2021 yang diikuti oleh ibu-ibu anggota Majelis Taklim Ummu Salamah sebanyak 45 orang . Kegiatan PKM berupa penyuluhan dan pelatihan pengolahan daging ayam dan sayuran wortel menjadi nugget dalam rangka memenuhi kebutuhan protein hewani guna peningkatan gizi masyarakat. 

Beberapa dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang terlibat turut berperan aktif dalam kegiatan PKM tersebut. Narasumber yang bertugas yaitu Ibu Hj. Irmawaty, S.Pt., M.P. dan Ibu Dr. Jumriah Syam, S.Pt., M.Si yang dimoderatori Ibu Suci Ananda A., S.Pt., M.Si berpartisipasi aktif dalam memberikan penjelasan  tentang bahan pangan yang menjadi sumber protein juga mengandung serat dan vitamin terutama yang berasal dari produk ternak khususnya ayam dan tambahan sayuran wortel.

Kegiatan penyuluhan tersebut mendapatkan respons masyarakat yang cukup positif terlihat dari masyarakat yang sangat antusias untuk mencoba nuggetnya yang telah dicampur dengan sayuran wortel. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh diharapkan dapat diterapkan dan disebarluaskan pada anggota majelis taklim lainnya yang potensial untuk menyebarkan inovasi dan peningkatan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat. Pada pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan, disampaikan materi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, serta diadakan sesi tanya jawab, sehingga pengetahuan yang disampaikan benar-benar dapat dimengerti.

Dengan adanya kegiatan PKM dengan penyuluhan dan pelatihan yang telah dilakukan Jurusan Ilmu Peternakan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pemenuhan protein hewani dengan cara pengolahan daging ayam dan sayuran wortel menjadi nugget. Selanjutnya masyarakat dapat mengaplikasikannya dalam pembuatan nugget sendiri di rumah.

 

Penulis:

Handayani Indah Susanti, M.Sc.