Pengabdian Jurusan Ilmu Peternakan dalam Meningkatkan Performance dan Nilai Jual Ternak Kurban di Masa Pandemi Covid 19

  • 12 Juli 2021
  • 04:01 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Pengabdian Jurusan Ilmu Peternakan dalam Meningkatkan Performance dan Nilai Jual Ternak Kurban di Masa Pandemi Covid 19

Gowa, 2021. Tim Dosen Jurusan Ilmu Peternakan bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, pada hari Sabtu-Ahad, tanggal 10-11 Juli 2021 melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Kegiatan Pengabdian Masyarakat bertempat di Dusun Malelaya Desa Punaga Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah “Peningkatan Performance dan Nilai Jual Ternak Kurban di Masa Pandemi Covid 19”. Bentuk kegiatannya berupa penyuluhan dan pemberian vitamin B komplek dengan vet strep untuk meningkatkan performa (kesehatan) pada ternak sapi.

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Mursidin, S.Pt., M.Si. dan Muhammad Arsan Jamili, S.Pt, M.Si. Materi yang diberikan diharapkan dapat menjawab permasalahan yang dihadapi oleh peternak saat ini. Atensi masyarakat peternak Dusun Malelaya Desa Punaga sangat besar, hal ini ditunjukkan dari diskusi yang terjadi antara peserta dan narasumber selama kegiatan berlangsung, utamanya hal-hal yang menjadi permasalahan masyarakat peternak yang dihadapi selama ini  Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa Punaga serta masyarakat peternak, mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkala.

Penerima manfaat kegiatan ini adalah

1. Masyarakat peternak di Dusun Malelaya Desa Punaga Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

2. Tim Dosen Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

3. Mahasiswa Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

4. Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar.

Pemateri menyampaikan dari bagaimana persiapan beternak (penyiapan modal, penentuan lokasi peternakan, pembangunan kandang dan perlengkapan kandang serta penyiapan pakan, vitamin dan obat-obatan) sampai orientasi pasar sapi potong.  Keseluruh materi tersebut sangat mudah diaplikasikan di lapangan dan sangat menarik bagi peserta sehingga para peserta antusis mendengarkan penyampaian seluruh narasumber.

 

Penulis : Handayani Indah Susanti