Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Jurusan ILmu Peternakan TA 2020/2021

  • 28 Agustus 2021
  • 10:57 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa- Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar T.A. 2020/2021 (Jumat, 27/8/2021) dilaksanakan secara virtual. PBAK tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakan secara virtual karena kondisi masih pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang dihadiri oleh Civitas Akademika Jurusan Ilmu Peternakan yang terdiri dari, dosen, staf, HMJ Ilmu Peternakan, dan mahasiswa baru T.A.2020/2021. Total Mahasiswa baru Jurusan Ilmu Peternakan T.A.2020/2021 berjumlah 91 orang yang sebagian besar berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

PBAK secara prinsip ialah untuk memberikan pondasi kepada mahasiswa baru bagaimana membangun kesuksesan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Di samping itu, PBAK Tahun ini yang mengusung tema “Membangun Budaya Akademik Berbasis Nilai KeIslaman Berorientasi Industri Peternakan yang Kompetitif dan Halal” juga bertujuan untuk membentuk karakter calon mahasiswa yang akan dikukuhkan untuk menjadi bagian dari Agen Perubahan sebagaimana yang termaktub di dalam tema tersebut. 

Narasumber kegiatan PBAK Tahun 2021 Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi  yaitu Bapak Dr. Muhammad Nur Hidayat, M.P., selaku Ketua Jurusan Ilmu Peternakan, Ibu Dr. Jumuriah Syam, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Ilmu Peternakan dan Ibu drh. Aminah Hajah Thaha, S.KH., M.Si. selaku Ketua Laboratorium Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, serta pengenalan lembaga, tata kelola dan peran HMJ Ilmu Peternakan. Peserta yang hadir pada kegiatan PBAK Jurusan Ilmu Peternakan terdiri dari mahasiswa baru angkatan tahun 2021, HMJ, dosen dan staf Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. 

Luaran yang diharapkan dari terselenggaranya Kegiatan PBAK Online adalah memperkenalkan lingkungan, tradisi dan budaya kampus, baik dalam bidang akademik, maupun non akademik, kegiatan belajar mengajar, dan kemahasiswaan. Maka sebaiknya Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) harus sesuai dengan tujuan pada cita-cita PBAK itu sendiri.

 

Penulis: Handayani Indah Susanti, M.Sc.