PkM “Sosialisasi Peningkatan Mutu Pakan pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat

  • 02 September 2021
  • 08:16 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

PkM “Sosialisasi Peningkatan Mutu Pakan pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat


Mamuju - Dalam rangka mendukung kegiatan pengembangan kapasitas petugas dalam pengawasan mutu benih/bibit ternak dan tanaman pangan, salah satu dosen Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi yaitu Ibu Amriana Hifizah, S.Pt., M.Anim.St., PhD bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan sosialisai peningkatan mutu pakan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas teknis peternakan dalam pemanfaatan pakan lokal. Selain tersebut juga dapat mengetahui pentingnya peningkatan mutu pakan dan sebagai salah satu pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi bagi dosen yaitu Pengabdian kepada Masyarakat.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Aula Pertemuan Hotel Diana, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dengan jumlah peserta 24 orang yang berasal dari Dinas Peternakan/Bidang Peternakan di Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan terlaksana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menjaga jarak antar peserta penyuluhan.

Materi yang disampaikan oleh Ibu Amriana Hifizah, S.Pt., M.Anim.St., PhD membahas tentang pakan yang merupakan kebutuhan utama ternak dimana 70% biaya operasional dalam pemeliharaan ternak berasal dari pakan. Namun, pakan menjadi permasalahan yang sering dikeluhkan oleh peternak utamanya peternak sapi, kerbau, kambing, domba di Propinsi Sulawesi Barat. Permasalahn kerentanan supplay pakan ternak, utamanya terjadi di musim kemarau. Olehnya itu, perlu dilakukan upaya dalam mengatasi permasalahan ini, dengan memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki.

 

Penulis: Handayani Indah Susanti, S.P., M.Sc. 

Editor: Muh. Arsan Jamili, S.Pt., M.Si.