PkM JIP “Pelaksanaan Qurban dalam Masa Pandemi Covid-19

  • 12 Juli 2021
  • 07:44 WITA
  • Admin Jurusan Ilmu Peternakan
  • Berita

Gowa - Jurusan Ilmu Peternakan bekerja sama dengan Ketua yayasan AL-Muhajirin Jln. Toddupuli 22 Kel.Borong Kec. Manggala untuk melaksanakan penyuluhan peternakan dengan tema “Pelaksanaan Qurban dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar Tahun 2021”. Kegiatan pengabdian dilaksanakan Masjid Al-Muhajirin. Jumlah peserta sebanyak 50 orang peserta yang terdiri atas masyarakat setempat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menjaga jarak antar peserta penyuluhan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan warga dalam pelaksanaan Qurban. Tujuannya agar warga masjid Al-Muhajirin dapat mengetahui hal–hal yang harus diketahui dalam Pelaksananaan Qurban. Sehingga diharapkan secara jangka panjang dapat pula meningkatkan pengetahuan warga di Masid Al-Muhajirin di Kel. Borong, Kec. Manggala

Kegiatan pengabdian kali ini menghadirkan 2 narasumber yaitu dosen Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi. Narasumber pertama adalah Dr. Jumriah Syam, S.Pt., M.Si. dengan judul materi Trik Pemilihan Hewan Kurban yang Sesuai Syariah Islam. Materi penyuluhan ini membahas mengenai Tips Memilih Hewan Kurban Berdasarkan Syariat Islam, Syarat-Syarat Hewan Untuk Kurban Berdasarkan Syariat Islam, Tips Mengetahui Umur Ternak Kurban, Tips Mengetahui Umur Berdasarkan Lingkar Tanduk. Sedangkan Narasumber kedua adalah drh Aminah Hajah Thaha dengan   judul Penanganan Hewan Qurban Pada Tempat Pemotongan Hewan (Tph) Di Era Pandemi Covid-19 Di Kota Makassar. Materi penyuluhan ini membahas mengenai Dasar Kebijakan Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 2021, Peran Takmir Mesjid Dalam Penyediaan Hewan Qurban, Peluang Penularan Covid-19 Pada Ibadah Kurban, Kesehatan Petugas Tim Teknis Pemeriksaan Hewan Kurban Terpadu (Ttphkt), Pemeriksaan Hewan Kurban Sebelum Disembelih (Ante Mortem), Penampungan Hewan Qurban Sebelum Disembelih Pada Tempat Penyembelihan, Proses Penyembelihan, Pemeriksaan Dan Pengelolaan Karkas/Daging, Prosedur Penanganan Yang Ideal, Proses Pendistribusian Daging Kurban, Alternatif Tempat Daging Kurban Yang Akan Di Distribusikan.


Penulis: Handayani Indah Susanti, S.P., M.Sc.